Hidup adalah perjalanan untuk belajar, berkembang, dan beramal

Sejarah Cikadut

Tidak ada komentar

Sejarah Cikadut


Tiada yang lebih indah selain kampung halaman. Tempat kelahiran saya ini namanya Cikadut, nama sebuah jalan. Dulunya adalah nama Desa di Kabupaten Bandung. Setelah pemekaran Kota Bandung, Cikadut berganti nama menjadi Kelurahan Karang Pamulang. Batas sebelah timur adalah kelurahan Jatihandap, sebelah barat Kelurahan Pasir Impun. Batas sebelah utara adalah Desa Cikadut Kabupaten Bandung dan batas sebelah selatan adalah Kecamatan Antapani.

Kelurahan Karang Pamulang masuk dalam kecamatan Mandalajati yang merupakan kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Cicadas tahun 2006 berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung No 06 Tahun 2006 Tentang Pemekaran dan pembentukan Wilayah Kerja Kecamatn dan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung

Sebelum dimekarkan Desa Cikadut masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung, setelah terbit PP No 16 Tahun 1987 Tentang Perubahan Batas Wilayah Ktamadya Daerah Tingkat II Bandung dan Kapupaten Daerah Tingkat II Bandung sebagian Desa Cikadut masuk ke dalam Kecamatan Cicadas Kotamadya Bandung, sedangkan sebagian lagi Desa Cikadut masuk kedalam Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.


Belum ada sumber tentang  Sejarah Cikadut
. Salah satu buku Ujung Berung Serambi Bandung Timur  (Anto S. Wijaya) menyebutkan wilayah Ujung Berung yang menjadi sumber air atau dilewati aliran sungai diberi nama Ci atau Cai (Air) seperti Cicadas, Cicaheum, Cikadut, Cijambe, Cinambo, Cibiru, dan lainnya. 

Tidak ada komentar :