Hidup adalah perjalanan untuk belajar, berkembang, dan beramal

Geografis Kota Bandung

Tidak ada komentar

Geografis Kota Bandung

Kota Bandung terletak di wilayah Jawa Barat dan merupakan Ibukota Propinsi Jawa Barat. Kota Bandung terletak di antara 107' 36‘ Bujur Timur dan 60' 55’ Lintang Selatan. Lokasi Kota Bandung cukup strategis, dilihat dari segi komunikasi, dan perekonomian. Hal tersebut dikarenakan Kota Bandung terletak pada pertemuan poros jalan yaitu:

a. Barat - Timur yang memudahkan hubungan dengan Ibukota Negara
b. Utara - Selatan yang memudahkan lalu lintas ke daerah perkebunan (Subang dan Pangalengan).

Secara topografi Kota Bandung terletak pada ketinggian 791 meter di atas permukaan laut (dpl), titik tertinggi di daerah Utara dengan ketinggian 1.050 Meter dan terendah di sebelah Selatan 675 Meter di atas permukaan laut. Di wilayah Kota Bandung bagian selatan sampai lajur lintasan kereta api, permukaan tanah relatif datar sedangkan di wilayah kota bagian Utara berbukit-bukit. Dari wilayah perbukitan Bandung Utara inilah orang dapat menyaksikan bentuk dan panorama keseluruhan Kota Bandung.

Keadaan geologis dan tanah yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya lapisan alluvial hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu. Jenis material di bagian utara umumnya merupakan jenis andosol, di bagian selatan serta di bagian timur terdiri atas sebaran jenis alluvial kelabu dengan bahan endapan liat. Di bagian tengah dan barat tersebar jenis tanah andosol.

Selama tahun 2012 tercatat suhu tertinggi di Kota Bandung mencapai 30,4' C yang terjadi di bulan September dan Oktober. Suhu terendah di kota Bandung pada tahun 2012 adalah 18,2' C yaitu pada bulan Agustus.Curah hujan tertinggi di kota Bandung pada tahun 2012 terjadi di bulan April yaitu sebesar 381,5 mm. Sementara curah hujan terendah terjadi di bulan September sebesar 3,1 mm.

Sumber : Bandung Dalam Angka 2013

Kota Bandung
Panorama Bandung dari Bukit Moko 

Tidak ada komentar :