Hidup adalah perjalanan untuk belajar, berkembang, dan beramal

3 Perjalanan ke Kampung Berkebun

Tidak ada komentar

3 perjalanan ke Kampung berkebun


Enam bulan Pemkot Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil dan Oded M Danial menggulirkan program Kampung berkebun di 151 RW. Program ini digulirkan selain sebagai upaya perbaikan kualitas lingkungan sehingga menjadi lebih asri dan produktif juga sebagai pemenuhan kebutungan pangan masyarakat. Satu RW mendapatkan secara gratis bibit, tanah, pupuk, dan peralatan pendukung. Peran relawan kampung berkebun sangat penting. Para relawan ini membingbing, memonitor dan ikut bersama melaksanakan program berkebun

Salah satu tempat program di RW 06 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo, Pak RW beserta beberapa warga rutin merawat tanaman sayuran hingga panen tiba. Hasil tanaman cukup menggembirakan dan bisa dinikmati warga, bahkan sebagian hasi panen bisa dijual kepasar. Walaupun lahan sulit ditanami penuh brangkal, warga berkreasi dengan membuat guludan yaitu tumpukan tanah yang dibuat memanjang. Tikus masih menjadi hama yang cukup merusak. 

Sementara di RW 05 Kelurahan Pakemitan sayuran dan tanaman hias tidak dipusatkan disatu tempat, tapi disebar ke tiap rumah. Awalnya dipusatkan di satu tempat dan pengelolaan diserahkan ke Karang Taruna setempat, tapi tidak  terawat dan kurang rasa memiliki. Pak RW mengajak warganya menanam sayur disetiap halaman rumahnya. Sebagian rumah di RW ini halamannya sempit, warga menjadikan pagar rumah sebagai tempat menyimpan tanaman. 

RW 03 Kelurahan Cisaranten Endah dipusatkan dikantor kelurahan, hasil panen cukup menggembirakan. Bahkan ibu-ibu pengelola kampung berkebun mendapatkan pesanan pembibitan sayuran dari salah seorang warga. keterlibatan warga masih kuramg, yang terlihat rutin merawat hanya sekitar 2-3 ibu-ibu

Demikian 3 perjalanan di Kampung Berkebun. Kondisi cuaca dan hama tikus menjadi tantangan alam yang cukup berat.  Mengamati program di lapangan belum semua warga ikut terlibat dalam program ini, kesiapan suplier juga harus menjadi bahan perbaikan selanjutnya. Nilai ekonomis atau kewirausahaan dari program kampung berkebun harus dipertajam, karena sesuatu yang menghasilkan keuntungan akan menjadi daya tarik tersendiri.


Kampung Berkebun Bandung
Kampung Berkebun Bandung
Kampung Berkebun Bandung
Kampung Berkebun Bandung

Tidak ada komentar :